BEBERAPA PANDUAN DALAM MEMILIH NAMA APOTEK


BEBERAPA PANDUAN DALAM MEMILIH NAMA APOTEK

Sebagai seorang apoteker jika anda ingin membuka apotek dan ingin memberi nama, saya punya beberapa saran yang perlu menjadi bahan pertimbangan anda. Tentu kalau anda mau sih saya tidak bisa juga melarang. Baiklah ini ada beberapa nama dan pertimbangan yang sebaiknya dihindari dalam memberi identitas sebuah apotek :

1. Apotek Sakit,
Jika di survey mungkin nama apotek sehat paling banyak ada di Indonesia, tapi tentu saja jangan sekali-kali anda dan saya menyiasati dengan memilih nama sebaliknya yaitu Apotek Sakit! Selain nggak komersil bisa-bisa menyebabkan orang berpikir jadi kelau berobat kesana toh jadi sakit. Saya pikir hampir gada deh orang yang pengen sakit jadi sebaiknya tinggalkan saja deh Apotek yang memiliki nama Sakit.

2.Apotek yang pake nama toko Besi
Misalkan nih ya ; Apotek Metal Perkasa, Apotek Baut Anti Karat, Apotek Usaha Besi Pancang Kuat, Apotek Papan Gipsum, Apotek Gergaji Tajam Awet atau Apotek Paku Beton Berotot. Yah bisa-bisa nanti yang dateng bukan cari obat, melainkan langsung minta semen 10 karung dan paku besi 2 kg. Bisa berabe karena di Apotek kan nggak menyediakan selain obat. Lagipula pasti tuh para pemborong dan tukang-tukang profesional pada ngiler dan berdatangan menanyakan harga dan diskon yang diberikan. Namun sayang kan karena mereka bakal kecewa karena nggak mendapat yang mereka cari. 

3.Nggak Usah Pake nama Air, atau Airlines
Yang pake nama Air itu cuman perusahaan penerbangan, perusahaan air minum aja jarang yang mencantumkan air dikemasannya, lah ini kan cuman apotek jadi sebaiknya nggak usah pake ikutan nama pesawat karena bisa mis understanding : Contohnya nih Apotek Air Raksa, atau Apotek Air Jeruk, atau Apotek Air Dingin….Emangnya kita di apotek hanya khusus jualan air. Bisa-bisa Lionz Airlines merasa tersaingi dong karena setahu saya yang namanya Lionz Air itu tiketnya udah murah dan anda akan mendapat diskon satu gelas air mineral. Lah kita diapotek kan masih terlalu baik dibanding tuh Lionz Air, kenapa karena kita nggak pernah ngasih air mineral. Kita diapotek paling sering ngasih kembalian duit kok.

4. Jangan Pake Nama Orang yang Culun
Apotek Didi Krempot, Apotek Mas Cerano, Apotek Gatelkoco, hedeeh jangan segitu amat deh lagipula masih  banyak kok pilihan nama lain yang masih bagus.

5. Jangan terinspirasi sama bis antar kota!
Mentang-mentang kuliahnya di Jogja dan sering pulang pergi dari jogjakarta ke surabaya alkisah dia memilih sebuah nama Apotek yang mirip-mirip dengan nama sebuah bis. Namanya  “Apotek Sumber Bencana” atau “Apotek Mira AKDP” pokoknya itu nama kan udah identik banget dengan nama bis jadinya orang yang baca kan jadi merenggut kok ini nyontek banget deh, alhasil bisa jadi dibilang kita yang punya apotek kok lebay baget gitu sih.

6. Nggak Boleh juga pake nama grup musik!
Contohnya nih apotek Eva Ne Scence, atau mau agak komersil dikit “Apotek Smash” uhuyy atau mau agak top lagi “Apotek CheriBelek” ;  duile emang keren sih tapi ini kan indonesia bung, jadinya ada kemungkinan besar akan lahir seorang apoteker yang ngefans sama Bang Haji Rhoma, nah lo. Tar bisa-bisa dia buat apotek yang namanya “Apotek Begadang” “Apotek Judi”, atau karena dia ngefans sama penyanyi dangdut Inul tar dinamain Apotek Inul Vista,  emangnya didalam apotek mau karaokean ? apa coba! Lagi pula masih banyak pesaing anda dari musik rock yang akan bikin apotek dengan nama “Apotek Kuburan”

7.Nggak boleh pake nama binatang ! Suwer!
Kalau diperbolehkan kita akan bersaing dan berbagi nama binatang kesayangan kita lah jadinya. Memang masih bisa dipertimbangkan kerena dari segi keindahan dan komersil masih enak dibaca dan didenger. Contohnya ketika seseorang Apotekernya mau buka apotek terus dia suka banget sama hamster so bisa jadi apoteknya dikasih nama “Apotek Hamster”, masih keren Atau karena dia suka banget sama snoopi atau hello kitty yah jadinya dikasih nama Apotek Snoopi dan Apotek Hello Kitti. Weleh emang masih keren sih dan memang masih  masuk diakal. Tapi nih bagaimana dengan  teman saya yang peternak tokek dan pengen buka apotek. Bagaimana dengan rekan saya yang doyan banget makan Sate Bekicot, trus bagaimana tetangga jauh saya yang doyannya pelihara (1000x maaf) BABI! Bagaimana dengan rekan jauh saya yang ternyata rambutnya banyak Kutu, atau tetangga kampung saya yang ternyata dia pelihara jangkrik. duhh

8. Pake nama singkatan yang bikin bingung
Ini udah kejadian di Indonesia ada sebuah apotek yang namanya Apotek X24………… nah ini kan maksudnya XXXXXXXXXXXX nya ada 24 , jadi emangnya kalau beli di apotek x24 itu pasiennya bakal dicekik sampe ke selek ? Plis deh, mbok ya dipikir juga dong kemungkinan arti yang dihasilkan. Bagaimana dengan saya ? okelah silahkan coba bikin “Apotek Dut24”

9.Maksain karena fanatik sama mata kuliah jaman kuliah dulu
Haduuh ? JUJUR Kuliah di Farmasi itu mana ada sih mata kuliah yang enak ! jadi jangan sok deh, plis jangan deh kasih nama apoteknya dengan nama  “Apotek Kimia Fisika” = dengan alasan mau menyaingi Apotik Kimia F4RMA, dan doyan dengan kuliah Kimia Fisika. Walaah,….. Atau satu lagi nih “Apotek Farmakologi=karena inget sama tikus di Lab yang bergentayangan untuk disuntik” atau “Apotek Bio Kimia= karena doyan pelajaran biologi dan suka bolos kuliah kimia.” Yah itu sih yang doyan mata kuliah semester 2-3, Nah bagaimana dengan teman2 yang doyan dengan mata kuliah terapan di semester 4-6  ? mereka kan bakal pilih nama apoteknya kayk gini nih è
“Apotek Kimia Analisa Kualitatif 2 SKS” nah berhubung tetangganya nggak mau kalah dibuat deh “Apotek Kimia Analisa Kuantitatif 2 SKS lulus dapat A” atau
“Apotek Praktikum Kimia Analisa Kuantitatif, ngulang 2 kali, untung dapet C”

Duhh ! itu kan menyebabkan persaingan nama tidak sehat, terutama untuk saya, kenapa ? karena mata kuliah yang saya sukai Bahasa Indonesia. So,jadi saya buka apotek dengan nama “Apotek Bahasa Indonesia”, ya bener lah saya bisa dibilang pioneer dan pasien2 saya semua yang datang ke Apotek paling banyak tidak beli obat tapi justru cuman bertanya sama saya “Mas Dimana Apotek Boso Jowo” atau “Mas Dimana Ada Apotek Bahasa Sunda”

10. Ada Indikasi Perklenikan Atau perhorroran atau huka-huka
Ya tentu saja karena nanti penanggung jawabnya malah mbah dukun bukan ,mbah apoteker, bisa berabe. Contoh nama yang mungkin dipake ini misalkan : “Apotek Ranjang Setan” wuddih bikin bulu kuduk bergidik. Atau mau lebih mantep lagi : “Apotek Malam Jumat Kliwon” emangnya apa coba.? Atau mau lebih menakutkan “Apotek Kutukan Mak Lampir” ntar ada yang bikin saingan Apoteknya dengan nama “Apotek Misteri Kuntilanak”. Hadehh, nambahin lagi saingannya si Apotek dengan memberikan nama “Apotek Wiro Sableng melawan Brama Kumbara” Emangnya ini dunia perkelahian.

 

11. Dilarang pake nama artis atau filem india
Dengan hormat, kami sampaikan bahwa berikut ini adalah nama apotek di kabupaten kota X yang telah berprestasi melaksanakan KIE dan rekam pasien dengan baik, kami persilahkan apotekernya untuk naik kepanggung untuk mendapat hadiah. Mohon tepuk tangannya  :

1.Apotek Kal Ho Na Hoo

2.Apotek Me tum se Pyaar Kar ta Ho

3.Apotek Chaiya Chaiya

4.Apotek Salman Khan

5.Apotek Shah rukh khan

6.Apotek Kajol

7.Apotek Vijay

Untuk yang belum beruntung agar tidak menyerah dan semoga bulan depan anda dapat meningkatkan prestasi dalam memberikan KIE dan Rekam Pasien, Ayo tepuk tangan semuanyaa…. Ayo semangat untuk apoteker di “Apotek Tuan Inspektur” dan  “Apotek Tuan Takur” ?

 Salam

Bernadi Reloaded

 

 

8 thoughts on “BEBERAPA PANDUAN DALAM MEMILIH NAMA APOTEK

  1. Assalamualaikum…Pak apoteker…mohon maaf sy mau tanya…lebih berbahaya manakah efeknya terhadap tubuh antara ganja dan alcolhol…terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s