Tips Membeli Obat Flu yang Tidak Mengantuk


Jika anda membeli obat flu yang dijual bebas maka secara umum akan ditemukan yang mengandung efek samping obat mengantuk. Sebenarnya tidak selalu demikian karena obat flu yang dijual bebas tersebut tidak selamanya memberikan efek mengantuk. Hanya saja obat flu tersebut tidak dijual bebas karena merupakan obat keras dan penggunaannya harus diawasi oleh dokter dan apoteker.

Namun ada beberapa tips yang bisa saya berikan sebelum anda membeli obat flu yang tidak mengantuk di Apotek :

1. Sampaikan kepada dokter atau Apoteker di Apotek
Sampaikan  bahwa anda sedang bekerja di suatu Institusi dan mengharapkan agar obat flu yang anda konsumsi tidak memiliki efek samping mengantuk. Jika anda bekerja di pagi hingga siang hari maka anda membutuhkan konsentrasi dan untuk sebab itu anda mengharapkan obat flu yang tidak mengantuk.  Saya pikir Dokter/apoteker akan berusaha menyeleksi obat flu tersebut untuk anda. Mau buktikan ? boleh kok

2. Pilihlah obat flu yang tidak mengandung CTM di siang hari namun mengandung CTM dimalam hari. Ada satu jenis obat flu yang dibuat dengan formula khusus siang hari dan khusus malam hari. Meskipun demikian hal tersebut bisa dikombinasi sendiri oleh dokter/Apoteker di Apotek.

3. Pilihlah jenis antialergi yang tidak mengantuk
Setiap obat flu yang dijual bebas mengadung antialergi yaitu CTM, jika anda amengkonsumsi obat ini maka efek samping yang ditimbulkan adalah mengantuk. Namun ada juga beberapa jenis obat flu kombinasi yang tidak mengandung CTM. Biasanya obat ini diresepkan oleh dokter untuk Rhinitis Alergi.

4. Harganya relatif mahal.
Benar sekali, Satu tablet obat ini dijual dengan harga mulai Rp.1500- Rp.5000/tablet. Bandingkan dengan obat flu biasa yang hanya memiliki harga Rp.2000/4 tablet. Artinya  anda mungkin akan mengeluarkan uang lebih besar. Bisa dibayangkan jika harga 1 tablet ini senilai Rp.5000 dan anda akan  membeli  sejumlah 6 tablet maka anda harus mengeluarkan uang senilai Rp. 30.000.

5. Info Tambahan ya !
Anti alergi yang tidak bikin ngantuk itu dijual di Apotek kok. Nah kalau anda memang benar-benar membutuhkan obat flu yang tidak mengantuk pastikan dulu konsultasi dengan  dokter dan Apoteker, karena beberapa obat tersebut diatas 100% obat keras dan harus dijual dengan resep dokter. Tapi anda berhak kok mendapat informasi selengkap-lengkapnya dan tentu untuk  membelinya, iya kan ?

Selamat mencoba berburu obat flu yang tidak mengantuk dan semoga anda cepat sembuh.

7 thoughts on “Tips Membeli Obat Flu yang Tidak Mengantuk

  1. Sy kok minum cetirizine teteup aja ngantuk, nggak terlalu sih tp lemes banget, nggak berdaya. Jadi ya tetap ga bs beraktifitas. Anyway, thanks tipsnya

    • Mestinya konsultasi dulu dengan dokter dan Apoteker sebelum minum cetirizine ya Pak Imami. Karena itu harus dikombinasikan dulu dengan dekongestan dll. kalimat di blog saya kan “”””kalau anda memang benar-benar membutuhkan obat flu yang tidak mengantuk pastikan dulu konsultasi dengan dokter dan Apoteker”””””””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s