TIPS : Sekelumit Jerawat dan Pengobatannya


Jerawat itu sangat menganggu penampilan anda. Jika anda masih muda dan energik betapa ribetnya jika harus menghadapi jerawat.Anda mungkin akan berusaha  dengan memberi kosmetik yang menutupi jerawat atau memencet jerawat itu dan mengobati sendiri jerawat tersebut.  Tapi tak sedikit juga pengidap jerawat kronis yang harus berobat ke dokter spesialis kulit dan mendapatkan terapi dengan berbagai macam  obat dan metode pengobatan. Disamping biaya konsultasi dokter yang mahal belum lagi beban membeli obat-obatan spesial jerawat yang harganya selangit. Sebenarnya secara umum dengan gizi yang baik, dan kondisi jasmani rohani yang sehat jerawat sangat mudah menghilang dari wajah anda. Namun demikian perlu anda ketahui informasi mengenai jerawat dan pengobatannya.

Akne (Acne:Inggris)  atau Jerawat adalah  kelainan yang biasa terjadi pada kulit yang dapat menyebabkan timbulnya lesi kulit yang disebut papul. Jerawat ini biasanya muncul pada beberapa bagian tubuh antara lain :  wajah.leher,punggung,dada atau bahu. Kondisi ini umumnya terjadi di usia remaja antara 14-19 tahun meskipun pada beberapa individu ditemukan juga pada usia 20-30 tahun.  Pada beberapa kasus akne muncul pada kondisi menopause atau wanita diatas 40 tahun. Akne ditandai dengan adanya komedo yang terbentuk akibat tersumbatnya saluran keluar dari folikel rambut oleh eksresi minyak dan sel-sel kulit mati. Kendati merupakan gangguan yang serius namun Akne berat dapat menimbulkan gangguan pada penampilan anda.

Tips yang penting bagi anda adalah :
1. Jerawat itu mungkin muncul disebabkan oleh karena faktor hormonal atau infeksi bakteri, meski demikian ketahuilah bagwa  jerawat tidak mencerminkan bahwa anda kurang menjaga kebersihan. Siklus hormonal pada wanita biasa menjadi penyebab timbulnya jerawat atau dikenal dengan pre-menstrual sindrome. Pada kasus ini jika siklus hormonalnya sudah selesai maka jerawat akan hilang dengan sendirinya.

2. Jangan terlalu sering cuci muka,  cukup 2 kali sehari dengan memakai sabun, dan jangan memakai antiseptik.
Mengapa demikian ? karena terlalu sering cuci muka dengan sabun justru akan membuat kulit kering, berbeda jika anda mencuci muka dengan air ketika mengambil air wudhu atau membilas wajah ketika berada di kamar mandi. Kelembaban kulit akan tetap terjaga dan kulit akan menjadi bercahaya. Selain itu minyak diwajah juga akan menghilang dengan membilas dengan air bersih.

3. Hindari rambut yang menutupi daerah wajah. Rambut terutama yang kotor dapat memperburuk kondisi pori-pori yang tersumbat. Hal ini mungkin akan bertentangan dengan mode rambut yang anda pilih, namun demikian ada baiknya anda mengikat rambut anda dan menghindari potongan yang menutupi bagian wajah anda. Rambut yang kotor juga memungkinkan bakteri tumbuh di kulit anda sehingga menimbulkan jerawat, oleh karena itu ada baiknya anda mencuci rambut 2 kali seminggu dan menghindari debu berlebihan.

4.Gunakan kosmetik berbahan dasar air.
Maksudnya anda sebaiknya tidak menggunakan kosmetik berbahan dasar krim atau salep. Krim dan Salep mengandung minyak  yang akan menutupi pori-pori anda, disamping itu akan membuat wajah anda semakin berminyak. Untuk itu anda disarankan menggunakan Lotion. Meski hal ini mungkin agak susah dan sulit dicari,  namun ada baiknya anda berkonsultasi dengan penyedia kosmetik anda, karena beberapa merek obat dan kosmetik juga berbahan dasar air (lotion).

5. Pengobatan tidak membuat akne hilang lebih cepat, tetapi dapat membantu mencegah kambuhnya akne. Jika anda mendapatkan pengobatan jerawat, ketahuilah bahwa pengobatan akne  membutuhkan waktu 1-2 minggu. Artinya selama waktu 1-2 minggu ini anda harus konsisten dan teratur minum obat. Jika anda mendapat terapi antibiotika seperti tablet tetrasiklin atau doksisiklin habiskan obat ini meskipun gangguan jerawat sudah mulai menghilang.

6.Hindari tindakan memencet atau memecah jerawat karena dapat meninggalkan bekas jaringan parut pada kulit.

7.Jangan terpapar sinar matahari terlalu lama, jika ternyata kondisi ini tak dapat dihindari  anda sebaiknya menggunakan krim tabir surya non minyak (lotion) dan hindari kondisi banyak berkeringat.

8. Gizi yang seimbang dapat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kulit
Konon Vitamin C, beta karoten dapat membantu menghilangkan jerawat. Vitamin C dan Beta karoten ini dapat ditemukan di Sayur dan buah-buahan seperti : Wortel, Tomat dan Pepaya.

9. Biasakan anda untuk rileks, Stress diketahui merupakan salah satu faktor timbulnya jerawat.

Meskipun Pilihan terapi ada ditangan dokter anda, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis obat yang diberikan pada pengobatan jerawat, jenis-jenis obat itu adalah  :
1. Antibiotika Oral Atau Sistemik
Tetrasiklin Oral, Diksisiklin, kadang lebih efektif karena bekerja langsung diseluruh tubuh pada kelenjar keringat (sebasea). Biasa jika terapi topikal tidak memberikan hasil
Makrolid :  Azithromycin, Erythromycin

2. Antiinfeksi Topikal
Krim,lotion atau salep yang mengandung Bacitracin, gentamycin, Chloramfenicol, Neomycin, Sodium Fusidate, Oxytetrasiklin krim , Erythromycin, Clindamycin, Neomycin dengan atau tanpa kombinasi dengan benzoil Peroxyde. Preparat ini bekerja dengan cara membersihkan bakteri dari kulit, dan harus disimpan di lemari es.

3. Pelindung kulit
Sabun dan pembersih kulit wajah dapat membantu membersihkan, menjaga kesehatan kulit anda dan mencegah timbulnya jerawat.

5.Keratolitik
Krim, lotion atau salep : Azelaik,Benzoil Perokside,  Asam Salisilat dan  Sulfur bekerja dengan cara  membunuh bakteri penyebab akne dan kadang memberi efek memutihkan meskipun efek ini tidak selalu muncul pada setiap individu.

6.Derivat vitamin A seperti Retinoid, dapat mempantu pencegah penyumbatan pori-pori untuk menghilangkan jerawat derajat sedang sampai berat. tretinoin dan isotretinoin sangat efektif untuk kulit berminyak cenderung berjerawat. Derivat vitamin A ini di Indonesia dijual dalam bentuk Krim, namun di beberapa negera diluar negeri membuat tablet tretinoin dan penggunaannya harus diawasi oleh dokter spesialis.

7. Kontrasepsi Oral
Singkatnya Pil KB itu bisa kok untuk mengobati jerawat, tapi ini hanya berlaku untuk pil kb yang mengandung Cyproterone dan Ethynilestradiol. Setahu saya di Indonesia hanya ada 1 merek obat ini. Pengobatan dengan menggunakan kontrasepsi oral akan membantu menghilangkan  efek androgen pada akne.. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda mengenai preparat ini karena tidak semua jerawat akan diterapi dengan kontrasepsi oral.

8.Kortikosteroid Topikal
Krim, lotion atau salep kortikosteroid biasa digunakan pada pengobatan akne dan dikombinasi dengan bahan lain. Meski pada beberapa kasus seorang dokter ahli mungkin akan menyuntikkan langsung preparat ini langsung ke Jerawat.

10.Suplemen
Multivitamin dan mineral dengan Chromium, Antioksidan, Zinc, Collagen, Vitamin C, Beta-Karoten dapat membantu anda menyehatkan dan meremajakan kulit anda.

Oleh sebab itu anda sangat perlu memperhatikan pengobatan jerawat anda agar tidak salah dalam memilih obat. Namun jika anda memang memiliki jerawat kronis, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Jika ternyata anda mendapatkan terapi dari berbagai jenis obat, pastikan anda membeli obat di apotek dan mencari informasi cara penggunaan dan efek samping obat tersebut. (bernadi)

Anda mungkin tertarik dengan artikel kami yang lain :
o Aneh Tapi Nyata di Apotek
o 10 hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Resep Obat
o Keutamaan Konsultasi Obat di Apotek
o Beberapa Tips Cara Minum Tablet
o Mengapa Obat Paten Cenderung Mahal ?
o Tips Memilih dan Membeli Obat Flu yang dijual Bebas
o Aman Mengkonsumsi Antibiotika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s