Tips Memilih dan Membeli Obat Flu yang dijual Bebas


Diterbitkan di Palopo Pos,  26 Juli 2010

Mana yang anda pilih antara mengkonsumsi obat influenza sehingga mengantuk atau membiarkan hidung anda mengeluarkan ingus ketika menghadapi komputer ? Sebuah pilihan yang harus anda ambil karena obat flu yang dijual bebas memiliki efek samping mengantuk dan mengurangi kemampuan anda dalam bekerja.

Beberapa merek obat flu yang beredar di palopo antara lain : Procold, decolgen, Neozep Forte, Bodrex, Actifed, Inza dapat anda temukan di toko obat atau apotik terdekat dengan harga terjangkau sehingga mempermudah anda untuk mendapatkannya. Pada tulisan saya kali ini saya harapkan dapat memberikan Informasi untuk anda ketika memilih dan mengkonsumsi obat flu.

Influenza atau yang lebih dikenal dengan Flu : adalah tergolong penyakit infeksi pernafasan bagian atas (ISPA) yang biasanya terjadi dalam bentuk epidemik, biasa disebut juga “common cold” atau selesma bila gejala di hidung lebih menonjol, sementara “influenza” dimaksudkan untuk kelainan yang disertai faringitis dengan tanda demam dan lesu yang lebih nyata. Penyebabnya disebabkan oleh beberapa jenis virus. Gejala yang muncul antara lain demam, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi dan nafsu makan hilang. Kadang-kadang dapat disertai rasa menggelitik di tenggorokan, batuk kering, hidung tersumbat, bersin dan ingus yang keluar melalui hidung.

Jika anda terserang gejala-gejala ini dan memutuskan untuk melakukan swamedikasi maka anda patut mengetahui beberapa jenis obat-obat berikut yang terkandung pada obat flu yang anda temukan dijual bebas.

(1) Parasetamol, adalah golongan obat Analgetik dan Antipiretik yang berfungsi untuk menghilangkan nyeri dan menurunkan demam. Parasetamol dalam obat flu yang dijual bebes biasanya memiliki kadar 500 mg.

(2) Pseudoefedrin , efedrine: adalah Dekongestan hidung yang berfungsi untuk memberikan efek melegakan pada hidung yang tersumbat oleh keluarnya cairan. Pseudoefedrin dapat ditemukan juga dalam beberapa obat semprot hidung.

(3)CTM, Tripolidin : adalah golongan antihistamin yang berfungsi untuk mengurangi dan menghilangkan gejala alergi.

(4) Dmp, adalah golongan obat penekan batuk. Meski tidak semua obat flu memiliki kandungan dmp namun anda akan menemukan kombinasi ini jika obat flu tersebut juga menekan batuk. Beberapa jenis obat flu pada dasarnya memiliki kandungan golongan obat yang sama, namun bahan aktifnya berbeda, disamping itu juga ditemukan bentuk Forte yang dosisnya relative lebih tinggi.

Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mengkonsumsi obat Flu :

1. Jangan menggunakan obat flu dalam waktu yang lama dan Gunakanlah sesuai dosis yang tertera pada obat sehingga kemampuan obat tersebut akan optimal. JIka sakit anda berlanjut anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter anda.

2. Untuk penderita penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, hipertiroid, glaucoma, hipertropi prostat, gangguan ginjal dan gangguan hati tidak disarankan menggunakan obat flu yang dijual bebas karena akan mengganggu penyakit dan pengobatan, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter atau apoteker agar mendapatkan pilihan obat yang tepat.

3. Perbanyaklah Istirahat, banyak minum dan makan makanan yang bergizi dapat membantu anda merasa segar kembali.

4. Anda tidak selalu harus menggunakan antibiotika seperti Amoxicillin, Ampicillin atau Erithromicin. Biasanya Antibiotika diperlukan jika terjadi infeksi sekunder misalkan infeksi tenggorokan : laringitis atau faringitis. Pastikan anda sudah mendapat rekomendasi dokter untuk mengkonsumsi antibiotika bersama obat flu.

5. Jangan memberikan obat flu yang dijual bebas untuk bayi, karena dosis untuk bayi berbeda dengan dosis dewasa. Jika anak anda berusia diatas 5 tahun anda bisa memberikan sirup obat flu kepadanya.

6. Batuk yang menyertai Flu biasanya juga mengganggu, sebaiknya anda memilih obat flu kombinasi. Meskipun demikian anda dapat membeli sirup obat batuk secara terpisah.

Untuk menjawab pertanyaan saya diatas “Adakah obat flu yang tidak mengantuk ?” Jawabnya tentu ada. Untuk itu anda harus memilih obat flu yang mengandung anti alergi yang tidak memberikan efek mengantuk ,sehingga anda dapat bekerja di pagi hari hingga sore hari tentu tanpa harus melawan kantuk yang disebabkan oleh obat flu. Namun karena penggunaannya terbatas dan harus dalam pengawasan sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter atau Apoteker di Apotik.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s